Pages

Saturday, December 28, 2013

HUKUM MAXWELL



Siapapun yang berurusan dengan yang namanya medan elektromagnetik pasti mengenal apa itu hukum maxwell. Hukum Maxwell ini sebernarnya merupakan gabungan dari 4 buah hukum, yaitu:

 
 
Ini namanya hukum Gauss, yang terjemahannya “Jumlah fluks listrik yang menembus tegak lurus suatu permukaan tertutup sama dengan jumlah muatan listrik yang dilingkupi permukaan tersebut.”



Yang kedua adalah hukum Gauss juga, tapi untuk medan magnet.

 

Artinya, garis-garis fluks magnet merupakan lintasan tertutup. Dengan kata lain, tidak ada muatan magnetik.



Yang ketiga hukum Faraday, yang rumusnya:

 

Makin banyak aja integralnya, tapi intinya dia cuma mau bilang kalo medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat menghasilkan medan listrik. Orang yang pekerjaannya di pembangkit listrik pastinya familiar dengan hukum ini.



Yang terakhir adalah hukum Ampere:

 \oint_{c}^{ } \frac{\vec{B}}{\mu _{o}}\cdot d\vec{l}=\int_{s}^{ }\vec{J}\cdot d\vec{s} + \frac{\mathrm{d} }{\mathrm{d} t}\int_{s}^{ }\varepsilon _{o}\vec{E}\cdot d\vec{s}

Wah, yang ini integralnya makin nambah lagi. Si Ampere ini sebenernya cuma mau bilang kalo arus dapat menimbulkan medan magnet. Tadinya, integralnya cuma ada 2, tapi si Maxwell menambahkan satu lagi, yang bagian , bagian ini namanya arus perpindahan.  Maksudnya, medan listrik yang berubah terhadap waktu dapat menimbulkan medan magnet.



Kalo medan magnet dapat menimbulkan medan listrik, trus medan listrik dapat menimbulkan medan magnet. wah, berarti kedua medan ini dapat merambat ya? Ini yang namanya gelombang elektromagnetik. Nah, di sinilah pentingnya arus perpindahan si Maxwell ini, jadinya dia bisa menggabungkan 4 hukum di atas. Selain itu, ditemukan juga fakta bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik sama dengan kecepatan cahaya. Wah, jadinya ilmu optik gabung juga ya ke hukum Maxwell ini.


Referensi : Buku Iskander, wikipedia

0 comments:

Post a Comment